Laila Sa'adah

Transform Your Life

AKU PEREMPUAN

Posted by laila sa'adah pada Juli 25, 2009

Oleh: Del Lila

Patutkah aku benci menjadi perempuan karena budayaku,
Aku benci menjadi perempuan karena praktek agamaku
Aku benci menjadi perempuan karena ilmu yang telah kumiliki
Aku benci menjadi perempuan karena pengetahuanku,
Karena kebebasan itu sendiri,
Aku benci menjadi perempuan……patutkah?
Perempuan dalam kubangan, yang tak tahu harus dari mana diangkat, dari sudut mana didekati, dari sisi mana dilihat. Fisiknya belum tentu, psikisnya tidak juga, pikiran juga tidak bisa dijadikan patokan, karena dia bukan victim yang sebenarnya.

Lebih baikkah perempuan dibuat pintar ketika akhirnya harus dibodohi, akan sakit hatinya
Dibuat berani juga tak berarti ketika akhirnya dikungkung pada buih nasibmu, hatinya menangis
Teriakan semangatmu apakah tidak memberikan dendam kusumat….

Jangan kau bukakan jalan bagi kami karena kami bisa menembus dengan jalan kita sendiri….
Teruskan perjuanganmu kaum perempuan-perempuan yang tak pernah lelah dalam memperjuangkan apapun, politik, ilmu pengetahuan, ekonomi, atau hanya untuk sesuap nasi bagi anakmu…….
Hanya kamu yang tahu, hanya dirimu yang tahu akan jalanmu, nasibmu atas arti sebuah perjuangan bagi dirimu dan kaummu.

Kediri, 21 Mei 2008

Tinggalkan Balasan

 
