Laila Sa'adah

Transform Your Life

Ujian Nasional dan Tujuan Pendidikan

Posted by laila sa'adah pada Juli 7, 2008

Oleh: U. Laila Sa’adah.

Kamis, 27 Maret 2008 SINDO memuat ulasan mengenai uji coba UN (Ujian Nasional) yang hasilnya jeblok. Walapun uji coba tersebut hanya dalam kawasan daerah Surabaya namun nampaknya sudah cukup mewakili keluhan akan kebijakan UN terbaru yang menambah jumlah mata pelajaran yang diujikan. Dari data Dinas Pendidikan Surabaya menunjukkan bahwa 71,03% siswa SMA bidang IPA gagal dalam uji coba, kemudian 1.813 siswa bidang IPS diantaranya tidak lulus, dan bidang bahasa dari 117 siswa, 56 diantaranya dinyatakan gagal.Merujuk pada tujuan diadakannya ujian, sebenarnya merupakan proses untuk evaluasi dari kegiatan belajar mengajar yang telah dilampaui. Sehingga dari hasil ujian tersebut dapat dijadikan dasar untuk mengadakan tindak lanjut terhadap proses belajar mengajar selanjutnya. Begitu juga ketika UN dilaksanakan, hasilnya dapat memberikan pandangan akan kondisi pendidikan yang sebelumnya dijalankan. Adakah nantinya ada koreksi, pertimbangan mengenai kebijakan-kebijakan pendidikan dan yang lainnya.

Agar UN tidak semata-mata hanya sebagai ajang pemaksaan terhadap peserta didik untuk memenuhi standar yang dianggap dapat memenuhi kualitas pendidikan. Maka sebenarnya perlu dilihat ulang tujuan diadakannya UN itu, apakah sudah sesuai dengan tujuan pendidikan yang sebenarnya.

Pada dasarnya hasil pendidikan bukanlah sesuatu yang dihasilkan dari sesuatu yang instan, namun merupakan hasil dari suatu proses yang panjang. Maka tidak cukup bijak ketika penilaian selama pendidikan akhirnya mengabaikan dari proses yang telah dilalui.

Melihat dari negara Firlandia sebagai negara dengan kualitas pendidikan nomor satu di dunia, memang masih menetapkan keberadaan UN. Namun disana UN tidak diikuti oleh semua siswa. Para siswa dipilih secara acak dari sekolahan masing-masing dan hasilnya tidak dijadikan rujukan untuk menentukan kelulusan. Hasil UN hanya dijadikan rujukan untuk membuat kebijakan pendidikan selanjutnya.

Selama ini permasalahan UN memang masih sering menimbulkan kontroversi dari berbagai pihak, dengan argumennya masing-masing. Tetapi paling tidak yang perlu kita garis bawahi pertama apakah dilaksanakannya UN sekarang memang sudah sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Yang kedua UN memang tidak perlu dihapuskan tetapi bagaimana bisa lebih bersifat fleksibel dan menghargai dari sebuah proses pembelajaran. Nampaknya bangsa kita masih perlu banyak belajar dari negara lain untuk mengembangkan dunia pendidikan.

Iklan

5 Tanggapan to “Ujian Nasional dan Tujuan Pendidikan”

  1. saiful said

    Wah nggak bisa komentar nich, saya sudah anti sekolah yang gitu2 wakakaka

  2. laila sa'adah said

    Wah trimakasih mas udajh berkunjung ke blog saya!
    kalau sampeyan kan sudah tidak lagi mau dekat-dekat dengan yang namanya pendidikan formal mas!!!

    he4x
    Bagi sampeyan Unas itu memang tidak ada artinya sama sekali dan bukan merupakan indikator kepintaran seseorang…..

    salam

  3. yamin said

    Permisi, numpang lewat, bagus juga blognya

  4. laila sa'adah said

    Timakasih mas udah mo mampir

  5. kabartersiar said

    Nampaknya UN haru diihentikan segera,, satu paket dengan yang menerapkan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: